PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD N 05 SAWAHAN

Ridwan, Almardio and Erman, Har (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD N 05 SAWAHAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
TEKS I.pdf

Download (781kB)
[img] Text
TEKS II.pdf

Download (145kB)
[img] Text
TEKS III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
TEKS IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema 7 Pada Materi Macam-macam gaya Untuk Siswa kelas IV B SD Negeri 05 Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3-D). Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, validator asek bahasa, dan validator aspek desain. Praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 26 orang siswa kelas IV B SD Negeri 05 Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang . Data untuk validitas diperoleh dari hasil analisis validasi aspek materi (81,94%) dengan kriteria sangat valid, aspek bahasa (100%) dengan kriteria sangat valid, dan aspek desain (92,5%) dengan kriteria sangat valid. Dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh (91,48%) dengan kriteria sangat vaid. Analisis data praktikalitas dari guru diperoleh (98,33%) dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas oleh siswa diperoleh (92,31%) dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas guru dan siswa adalah (95,32%) dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukan modul pembelajaran IPA Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Tema 7 Pada Materi Macam-Macam Gaya Untuk Siswa Kelas IV B SD Negeri 05 Sawahan, Kec. Padang Timur, Kota Padang yang dihasilkan valid dan praktis sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : Modul, Pembelajaran IPA, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 09:12
Last Modified: 08 Aug 2022 09:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item