PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V SD NEGERI 05 SURAU GADANG

Esti widya, ningsi and Siska, Angreni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V SD NEGERI 05 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER DAN LAIN LAIN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ii. BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
iii. BAB V KESIMPULAN,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
FULTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 2 UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN KELAS V SD NEGERI 05 SURAU GADANG Esty Widia Ningsi1, Siska Angreni1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : estywidianingsih9@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbentuk pop-up book berbasis inkuiri pada materi gangguan pada organ pernapasan manusia kelas V SDN 05 Surau Gadang yang valid, dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Deveploment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Karena keterbatasan waktu dan kemampuan, maka peneliti membatasi model pengembangan pada penelitian ini hingga tahap ke tiga (3-D) yaitu tahap define, design, dan development. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan oleh pendidik dan 20 peserta didik kelas V SDN 05 Surau Gadang Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (3,63), dilihat dari aspek materi media pop-up book memperoleh penilaian (3,80) dengan kategori sangat valid, dari aspek desain memperoleh nilai (3,79) dengan kategori sangat valid, dan dilihat dari aspek bahasa memperoleh nilai (3,01) dengan kategori valid. Hasil praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik dikategorikan sangat praktis dengan nilai rata-rata (98,34). Praktikalitas oleh pendidik memperoleh persentase (98,30) dengan kategori sangat praktis, dan praktikalitas oleh peserta didik memperoleh persentase (98,38) dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran IPA berbentuk pop-up book berbasis inkuiri pada materi gangguan pada organ pernapasan manusia kelas V SDN 05 Surau Gadang yang dihasilkan sangat valid, dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:16
Last Modified: 09 Aug 2022 01:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item