IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KESULITAN BELJAR YANG DIHADAPI OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG

Melsya, Reyuni and Muhammad, Nursi (2022) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KESULITAN BELJAR YANG DIHADAPI OLEH SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, HALAMAN PENGESAHAN DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang, (2) Untuk mengetahui cara mengatasi kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kontribusi keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV di SDN 47 Korong Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, subjek penelitian berjumlah 4 orang siswa, dan 2 orang informan yang terdiri dari guru dan orang tua siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah: reduksi data, penyajian data,veritifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 47 Korong Gadang, yaitu faktor internal dan eksternal siswa. Faktor internal yaitu dari dalam diri siswa, dan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Cara mengatasi kesulitan belajar siswa adalah: (1) mengulang materi pembelajaran yang sulit (2) melakukan bimbingan khusus dengan siswa yang bersangkutan saat pulang sekolah, (3) melakukan pemanggilan orang tua untuk membantu dan membimbing anak tersebut dalam belajar dirumah. Kontribusi keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar (1) orang tua sebagai guru dirumah, (2) orang tua sebagai fasilitator, dan (3) orang tua sebagi motivator

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:06
Last Modified: 09 Aug 2022 03:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9885

Actions (login required)

View Item View Item