PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI FPB DAN KPK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N 08 ULAK KARANG SELATAN

Jingga, Hikmah Desra and Zulfa, Amrina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI FPB DAN KPK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N 08 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HAL PENGESAHAN, ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (650kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV SD N 08 Ulak Karang Selatan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan efekifitas. Dalam proses validasi, LKPD di validasi dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Dilihat dari rata-rata validitas LKPD pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning pada materi FPB dan KPK memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan 94,57%. Uji coba praktikalitas diuji cobakan oleh 1 orang guru kelas dan 17 orang siswa, dari hasil rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh persentase kepraktisan 96,25% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan dilihat dari hasil pretest dan posttest yang diuji cobakan kepada 17 siswa sebelum dan sesudah mengembangkan bahan ajar LKPD, dari hasil rata-rata efektivitas oleh siswa diperoleh 0,62 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning, memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar (SD) secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:22
Last Modified: 09 Aug 2022 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item