PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR PEMBELAJARAN PKn BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 045/XI KOTO DUA

Rohmatin, Amilti and Darwianis, Darwianis (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU GAMBAR PEMBELAJARAN PKn BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 045/XI KOTO DUA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i milti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii milti(1) rahmatin.pdf

Download (98kB)
[img] Text
iii milti.pdf

Download (19kB)
[img] Text
iv miltii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu gambar pembelajaran PKn berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Siswa Kelas III SD Negeri 045/XI Koto Dua yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian pengembangan, model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4D yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan Tema 4 Kewajiban dan Hakku. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media kartu gambar di validasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli Bahasa. Pada proses praktikalitas, media kartu gambar di uji cobakan oleh 1 orang guru dan 20 orang siswa. Persentase validitas media kartu gambar oleh ahli materi yaitu 93,7% dengan kriteria sangat valid, persentase validitas media kartu gambar oleh ahli desain yaitu 77,3% dengan kriteria cukup valid, persentase validitas media kartu gambar oleh ahli Bahasa yaitu 97,5% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas media kartu gambar pembelajaran PKn berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas III Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 89,5%. Dan persentase praktikalitas media kartu gambar oleh guru yaitu 96,8% dengan kriteria sangat praktis, persentase praktikalitas media kartu gambar oleh siswa yaitu 96% dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 96,4%, jadi dapat disimpulkan bahwa media kartu gambar pembelajaran PKn berbasi Contextual Teaching and Learning pada kelas III SD sudah valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran PKn di kelas III SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 03:37
Last Modified: 09 Aug 2022 03:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9899

Actions (login required)

View Item View Item