ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 3 PADANG

Rani, Purnama Sari and Lisa, Deswati (2022) ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULLTEKS sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal penyebab kesulitan belajar dan hubungannya dengan hasil belajar Biologi kelas XI IPA MAN 3 Padang. Perubahan proses pembelajaran daring menjadi pembelajaran luring sejak pandemi Covid-19 mewabah, memberikan dampak pada faktor eksternal dan faktor internal penyebab kesulitan belajar yang mempengaruhi hail belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Padang dengan jumlah populasi 165 orang siswa kelas XI IPA yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, dengan sampel 33 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu dilakukan secara acak,dengan menggunakan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisi pernyataan faktor eksternal dan faktor internal kesulitan belajar siswa dengan menggunakan skala likert, dan dokumen hasil belajar Biologi siswa pada ujian tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Pada hasil uji validitas didapatkan hasil bahwa angket tersebut adalah valid dengan nilai validator bahasa 3,16 dan validator konten sebesar 3,33. Dari hasil penelitian diketahui tingkat kesulitan belajar faktor eksternal diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,52 dalam kategori tinggi, sedangkan pada tingkat kesulitan belajar faktor internal memiliki nilai rata-rata sebesar 3,26 dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa penyebab kesulitan belajar memiliki data 0,487 dengan berdistribusi normal,begitu juga pada uji homogenitas nilai signifikansinya 0,218 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi homogeny. Hasil uji korelasi pearson product momen menggunakan program spss 20 memperoleh nilai pada faktor eksternal sebesar 0,073 yang berkorelasi kuat serta bentuk hubungannya negatif dan faktor internal memiliki nilai 0,910 yang berkorelasi sempurna bentuk hubungannya negatif terhadap hubungan antara faktor eksternal dan faktor internal dengan hasil belajar Biologi pada siswa kelas XI IPA MAN 3 Padang. Hasil uji t diperoleh hasil thitung faktor eksternal sebesar -1,853 dan thitung faktor internal sebesar -113 menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh faktor eksternal dan faktor internal (X) terhadap hasil belajar Biologi siswa (Y). Kata Kunci :kesulitan belajar,faktor eksternal dan internal, hasil belajar Biologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:56
Last Modified: 09 Aug 2022 04:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item View Item