PERAN NOTARIS DALAM PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ELEKTRONIK TERHADAP OBJEK JAMINAN KENDARAAN BEKAS DI KANTOR NOTARIS RANTI FITRIA, S.H., M. Kn.

Ryandi, Iskandar and Suamperi, Suamperi (2022) PERAN NOTARIS DALAM PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA SECARA ELEKTRONIK TERHADAP OBJEK JAMINAN KENDARAAN BEKAS DI KANTOR NOTARIS RANTI FITRIA, S.H., M. Kn. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

Peran notaris dalam pendaftaraan Jaminan Fidusia secara elektronik terhadap kendaraan bekas adalah membuatkan akta fidusia yang diajukan oleh pemohon kepadanya. Serta notaris juga mempunyai peran mendaftarkan akta tersebut secara elektronik terhadap kendaraan bekas. Kewenangan notaris dalam membuat akta jaminan fidusia terdapat dalam Pasal 1 angka 1 UUJN yang berbunyi notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan memiliki kewenangan lainnya sebagaimana yang dimaksud pada Undang-Undang ini atau berdasarkan undang-undang lainnya. Rumusan masalah 1)Bagaimana peran Notaris sebagai pembuat akta Jaminan Fidusia? 2)Bagaimanakah Proses pendaftaraan Jaminan Fidusia secara elektronik? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Data ini dianalisis secara kualitatif. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa 1)Notaris berperan sebagai pembuat akta Jaminan Fidusia yang diajukan pemohon kepadanya, setelah membuat akta selesai Notaris bertanggungjawab untuk mendaftar Jaminan Fidusia sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 2 Ayat (2) peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 10 Tahun 2013 2)Notaris berperan dalam proses pendaftaraan Jaminan Fidusia secara elektronik terhadap kendaraan bekas dengan cara melakukan sebagaimana yang telah dijelaskan secara lengkap dalam Pasal 11 sampai 18 Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentangg Jaminan Fidusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 15 Aug 2022 00:42
Last Modified: 15 Aug 2022 00:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10470

Actions (login required)

View Item View Item