PERANCANGAN OTOMASI SISTEM PENGOLAHAN AIR PAYAU MENJADI AIR MINUM DENGAN PRINSIP REVERSE OSMOSIS BERBASIS MICROCONTROLLER

M.Andika, Shidiq and Hidayat, Hidayat (2022) PERANCANGAN OTOMASI SISTEM PENGOLAHAN AIR PAYAU MENJADI AIR MINUM DENGAN PRINSIP REVERSE OSMOSIS BERBASIS MICROCONTROLLER. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Skripsi M.Andika Shidiq full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Otomasi sistem pengolahan air payau menjadi air minum dengan prinsip reverse osmosis berbasis microcontroller, merupakan sistem pengolahan air payau menjadi air minum yang dapat dikontrol menggunakan microcontroller. Microcontroller yang digunakan pada sistem ini adalah arduino mega yang memiliki pin yang lebih banyak dibanding arduino lainnya. Sistem ini merupakan prototipe alat yang dapat menghasilkan air layak minum untuk ayam. Dalam pengoperasian Otomasi sistem diperlukan data parameter yang ada dalam proses pengolahan air tersebut yaitu pH, kejernihan air, kepadatan larutan, serta ketinggian air. Untuk dapat mengetahui nilai parameter tersebut perlu dipasang sensor-sensor yaitu sensor pH, turbidity sensor, TDS sensor dan water level sensor. Data parameter yang dibaca oleh sensor-sensor tersebut akan ditampilkan pada LCD. Dalam sistem ini terdapat dua cara untuk pengontrolan yaitu secara manual dan secara otomatis yang dapat kita pilih dengan menekan tombol push button. Untuk pengontrolan manual menggunakan push button lain yang akan mengontrol aktuator dan pengontrolan secara otomatis menggunakan sensor-sensor sebagai parameter untuk menggerakkan aktuator. Aktuator pada penelitian ini berupa pompa celup (submersible), jetpump dan pompa aerator. Air yang diolah adalah air payau dan hasil dari pengolahan ini adalah air bersih yang memiliki tingkat kadar pH, turbidity dan TDS yang sesuai dengan standar minum yang akan diberikan untuk ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:26
Last Modified: 25 Jan 2023 02:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item View Item