Perancangan Solar Tracker Untuk Membandingkan Serapan Energi Matahari Pada PLTS Statis Di Kampus 3 Universitas Bung Hatta

Riyan, Akma Prambudi and Mirza, Zoni (2023) Perancangan Solar Tracker Untuk Membandingkan Serapan Energi Matahari Pada PLTS Statis Di Kampus 3 Universitas Bung Hatta. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover DLL.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB PENUTUP.pdf.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Panel surya bisa disebut sebagai alat untuk mengubah energi matahari menjadi listrik. Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting. Oleh karena itu, panel surya konvensional merupakan teknologi alternatif yang dibutuhkan masyarakat. Panel surya dapat menghasilkan listrik dengan cara menyerap intensitas cahaya dari sinar matahari. Saat menerapkannya, kebanyakan orang menggunakannya secara statis. Hal ini menyebabkan penerimaan energi matahari yang kurang optimal dan daya yang dihasilkan tidak maksimal. Ini berbanding terbalik dengan solar tracker yang mengikuti matahari. Solar Tracker adalah sistem yang mendeteksi posisi matahari dengan sensor cahaya agar selalu tegak lurus matahari. Pada penelitian selama 3 hari solar tracker menghasilkan jumlah total daya sebesar 89,96 Watt dan solar statis menghasilkan total daya selama 3 hari sebesar 70,86 Watt dengan selisih sebesar 19,10 Watt. Dalam 100% total daya solar tracker dan solar statis di Kampus 3 Universitas Bung Hatta, perbandingan persentase energi solar tracker dan solar statis selama 3 hari adalah 55,93% : 44,06% dengan selisih 11,87%. Sedangkan untuk total atau jumlah energi selama 3 hari pada solar tracker menghasilkan energi sebesar 67,57 Wh sedangkan untuk total atau jumlah energi selama 3 hari pada solar statis menghasilkan energi sebesar 53,22 Wh maka dengan ini selisih total atau jumlah energi selama 3 hari sebesar 14,35 Wh. Dalam 100% total energi solar tracker dan solar statis di Kampus 3 Universitas Bung Hatta. Perbandingan persentase energi solar tracker dan solar statis selama 3 hari adalah 55,94% : 44,05% dengan selisih 11,89%. Sehingga peningkataan energi pada solar tracker lebih efisien. Alat ini dapat digunakan di perumahan, industri dan dapat membantu pemerintah untuk mengatasih permasalahan kekurangan energi. Kata Kunci : Solar Tracker; Solar Statis; Total Daya Solar Statis Dengan Solar Tracker; Total Energi Solar Tracker dan Solar Statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:28
Last Modified: 07 Mar 2023 03:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item