Pengembangan Modul Pembelajaran PPKn Berbasis Model Contextual teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang Nanggalo

Novi, Febriani and Dr. Muslim, S.H., M.Pd, Dr. Muslim, S.H., M.Pd (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran PPKn Berbasis Model Contextual teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang Nanggalo. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 (1).pdf

Download (942kB)
[img] Text
FILE 2 (1).pdf

Download (235kB)
[img] Text
FILE 3 OK (3) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran PPKn berbasis model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas V SD Negeri 13 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Berdasarkan modul yang telah dikembangkan, validasi modul yang dilakukan terdiri dari 3 dosen ahli. Dari aspek materi diperoleh persentase kevalidan 77,5% (cukup valid), dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidan 98,75% (sangat valid) dan dari aspek desain diperoleh persentase kevalidan 96,75% (sangat valid). Dilihat dari rata-rata validitas memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase kevalidan 91%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 23 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase kepraktisan 98% (sangat praktis) dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan persentase kepraktisan 94,75% (sangat praktis). Dilihat dari rata-rata praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase kepraktisan 96,37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PPKn berbasis model Contextual Teaching and Learning (CTL) memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:10
Last Modified: 08 Mar 2023 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item