PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG PESISIR SELATAN

Wulandari, Wulandari and Hendri, Wince (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat dalam belajar, dan pada akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 32 Gurun Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 32 Gurun Panjang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling, untuk penentuan kelas eksperimen dan control ditentukan dengan cara random. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa lembar soal dalam bentuk objektif sedangkan teknik analisis data dengan mengunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,25 dengan ketuntasan80% dan 64,46 dengan ketuntasan 61,5% pada kelas Kontrol, terlihat dari hasil analisis data secara statistik yang telah dilakukan diperoleh t_hitung (2,02) > t_tabel (1,696) dengan taraf nyata signifikan 0,05, maka hipotesis diterima. Artinya hasil belajar IPA siswa yang menggunkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) lebih baik dari hasil belajar IPA siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Saran dalam penelitian ini untuk penelitian selanjutnya, penggunaan Model Pembelajaran dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga daapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:40
Last Modified: 08 Mar 2023 03:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item