PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DI SDN 12 SUNGAI SAPIH

Rahmadani, Sintia and Alyusfitri, Rieke (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DI SDN 12 SUNGAI SAPIH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover dll sintia rahmadani.pdf

Download (842kB)
[img] Text
bab 1 pendahuluan sintia rahmadani.pdf

Download (125kB)
[img] Text
bab 5 sintia rahmadani 19-095.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN Sintia Rahmadani.pdf

Download (121kB)
[img] Text
skripsi Sintia Rahmadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran matematika di SD Negeri 12 Sungai Sapih Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match di kelas III SDN 12 Sungai Sapih Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 12 Sungai Sapih Padang yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match menunjukkan hasil yang lebih baik. Terbukti dari rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu 67,5 meningkat menjadi 78. Hasil belajar ditunjukkan oleh tes akhir, terlihat bahwa pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar yaitu 63,33% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 12 Sungai Sapih Padang. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dalam pembelajaran matematika, guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:06
Last Modified: 08 Mar 2023 04:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11889

Actions (login required)

View Item View Item