PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 16 PADANG

Septia, Toslira and M., Nursi and Darwianis, Darwianis (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 16 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1 septia toslira.pdf

Download (852kB)
[img] Text
file 2 septia toslira.pdf

Download (466kB)
[img] Text
file 3 septia toslira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 16 PADANG Septia Toslira1, M.Nursi1 1Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: septiatoslira889@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila di SMAN 16 Padang dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Project Based Learning kelas X di SMA Negeri 16 Padang. Rancangan penelitian ini menggunakan true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di SMA Negari 16 Padang sedangkan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan cara random sampling, adapun yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X3 dan kelas X5 SMA Negeri 16 Padang yang terdiri dari 72 siswa. Untuk mendapatkan data diberikan soal tes kepada peserta didik berupa soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut diolah menggunakan analisis uji statistik, dan diperoleh rata-rata hasil belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan model Project Based Learning sebesar 80.83 sedangkan rata-rata hasil belajar Pendidikan Pancasila menggunakan metode ceramah sebesar 72.91 selanjutnya diperoleh hasil uji N-Gain Score pada kelas eksperimen yaitu 0,57 termasuk kedalam kategori cukup efektif dan hasil uji N-Gain Score pada kelas kontrol yaitu 0,51 dengan kategori kurang efektif. Berdasarkan hasil Pengujian hipotesis menggunakan uji t statistic menunjukan thitung>ttabel dengan nilai thitung 14.366 dan ttabel 1.94 pada taraf nyata signifikan 0,025 memiliki arti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dengan menggunakan model Project Based Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Di SMA Negeri 16 Padang. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: PPKn FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:30
Last Modified: 09 Mar 2023 02:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11959

Actions (login required)

View Item View Item