Fahirah, Riane and Enjoni, Enjoni (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS IV DENGAN PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SDN 32 GURUN PANJANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
FULLTEKS SKRIPSII_merged.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
COVER (2).pdf Download (172kB) |
|
Text
DAFTAR ISI (1).pdf Download (184kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB LANDASAN TEORETIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text
BAB METODE PENELITIAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text
BAB PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN (1).pdf Download (254kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (391kB) |
Abstract
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN PENERAPAN MODELQUANTUMTEACHING DI SDN 32 GURUN PANJANG PESISIR SELATAN Riane Fahirah1, Enjoni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : rianefahira37@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya siswa memahami materi pembelajaran IPA sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 32 Gurun Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Peningktan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Dengan Penerapan Model Quantum Teachingdi SDN 32 Gurun Panjang Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan tes hasil belajar.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa 60% dan nilai rata-rata adalah 65,25. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar siswa 80% dan nilai rata-rata 75. Rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 82,8, sedangkan pada siklus II, persentase aktivitas guru 86,7. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN 32 Gurun Panjang, berjalan dengan baik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN 32 Gurun Panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching dapat dijadikan suatu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan proses pembelajaran yang menyenangkan. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, penggunaan Model Pembelajaran dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Quantum Teaching
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:38 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:38 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11991 |
Actions (login required)
View Item |