PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINKTREE PADA KELAS VC SD NEGERI 35 JEMBATAN BABUAI KOTA PADANG

Doyama, Chondia Septi and Angreni, Siska (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINKTREE PADA KELAS VC SD NEGERI 35 JEMBATAN BABUAI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI CHONDIA SEPTI DOYAMA 19-142.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINKTREE PADA KELAS VC SD NEGERI 35 JEMBATAN BABUAI KOTA PADANG Chondia Septi Doyama1, Siska Angreni1. 1Program Sudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: chondiaseptidoyama@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VC SD Negeri 35 Jembatan Babuai Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 58,3% dengan nilai rata-rata 78,3 meningkat pada siklus II persentase ketuntasan belajar menjadi 83,3% dengan nilai rata-rata 86,1. Dari hasil penelitian ini disimpukan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas VC SD Negeri 35 Jembatan Babuai Kota Padang dapat ditingkatkan menggunakan model problem based learning berbantu media pembelajaran berbasis linktree. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model problem based learning berbantu media pembelajaran berbasis linktree dengan mempertimbangkan setiap tahap dari model problem based learning dan waktu pelaksanaannya. Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, model problem based learning, media pembelajaran berbasis linktree dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 05:53
Last Modified: 09 Mar 2023 05:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item