PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 07 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

Melisa, Melisa and Risa, Yulisna (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 07 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
UPLOAD I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
UPLOAD II.pdf

Download (184kB)
[img] Text
UPLOAD III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Melisa1, Risa Yulisna1, 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: melisa150622@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara siswa di kelas V SD Negeri 07 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang disebabkan pada saat proses pembelajaran kurangnya pembiasaan siswa tampil sehingga keterampilan berbicara siswa kurang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model role playing. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori berbicara yang dikemukakan oleh Angraini (2013), dan model role playing dikemukakan oleh Shoimin (2016). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 07 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan berbicara siswa, dan lembar aktivitas guru, dan hasil belajar. Nilai keterampilan berbicara siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 47,11% dan meningkat pada siklus II sebesar 76,92%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan model role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 07 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, model role playing, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:12
Last Modified: 09 Mar 2023 08:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12097

Actions (login required)

View Item View Item