PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 47 KORONG GADANG

Dwi Pratiwi, Istiqa and rieke, alyusfitri (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 47 KORONG GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
repositori.pdf

Download (918kB)
[img] Text
FILE (2).pdf

Download (199kB)
[img] Text
OK R.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 47 KORONG GADANG Istiqa Dwi Pratiwi1, Rieke Alyusfitri 1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Dwipratiwi313@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas III SDN 47 Korong Gadang. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate yang dibatasi 3-D. Padapenelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap develop yakni sampai pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen ahli meliputi 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Pada proses pratikalitas, LKPD di uji coba kepada 1 orang pendidik dan 25 peserta didik. Berdasarkan LKPD yang telahdikembangkan, validasi LKPD yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase kevalidan 95,38% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa 96% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh 72,7% degan kriteria cukup valid. Dilihat dari rata-rata validitas LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi pecahan memenuhi kriteria valid dengan presentase kevalidan 88%. Uji praktikalitas oleh guru diperoleh presentase 98,8% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 83,8% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas III di Sekolah Dasar. Kata kunci : LKPD, Matematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:11
Last Modified: 10 Mar 2023 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12183

Actions (login required)

View Item View Item