Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Direct Instruction di Kelas III SDN 101 Muara Bungo Jambi

Rara, Adhani Indisshea and Wirnita, Eska (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Direct Instruction di Kelas III SDN 101 Muara Bungo Jambi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
POIN 1 FINISH.pdf

Download (662kB)
[img] Text
POIN 2 FINISH.pdf

Download (147kB)
[img] Text
POIN 3 FINISH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, serta guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 101 Muara Bungo, Jambi melalui model Direct Instruction. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca oleh Dalman (2013), jenis membaca oleh Dalman (2013), dan model Direct Instruction oleh Shoimin (2016). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 101 Muara Bungo Jambi, penggunaan model Direct Instruction dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dilihat dari persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 64.55% (cukup), meningkat menjadi 78.12% (baik) pada siklus II. Selanjutnya hasil persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 70% (baik) meningkat menjadi 81% (sangat baik) pada siklus II, sedangkan persentase kemampuan hasil belajar siswa di siklus I yaitu 66.82% (cukup) menjadi 75.87% (baik) pada siklus II. Berdasarkan peningkatan nilai tersebut, disimpulkan bahwa model Direct Instruction dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:02
Last Modified: 10 Mar 2023 05:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12293

Actions (login required)

View Item View Item