Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping di SDN 28 Korong Gadang

Rita, Anjani and Erman, Har (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping di SDN 28 Korong Gadang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, hal pengesahan dan persetujuan, abstrak, daftar isi, bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SDN 28 KORONG GADANG Rita Anjani1, Erman Har2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: ritaanjani410@yahoo.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping di kelas V SD Negeri 28 Korong Gadang. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II adalah 85%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55% dengan nilai rata-rata 71,3 meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan nilai rata-rata 84,45. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus I ada 11 siswa (55%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 17 siswa (85%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model mind mapping telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 28 Korong Gadang. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model mind mapping dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:37
Last Modified: 10 Mar 2023 09:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item