Putri, Ayu Jayanti and Dainur, Putri and Gusnetti, Gusnetti (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DAN MOTIVASI DALAM NOVEL MATA KEDUA KARYA RAMADITYA ADIKARA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER- PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama dan motivasi yang terdapat dalam novel Mata Kedua. Teori yang digunakan adalah teori tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Syamsul Kurniawan (2013), dan konsep motivasi menurut Hamzah.B.Uno. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data yaitu (1) mengklasifikasi data sesuai dengan aspek nilai-nilai pendidikan karakter dan motivasi, (2) menginterpretasikan data yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter dan motivasi, (3) merumuskan kesimpulan hasil analisis tentang nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama dan motivasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ditemukan hal-hal berikut: Pertama, ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter 11 aspek berupa (1) religius berupa sikap tokoh Rama yang taat beribadah seperti rajin shalat, selalu bersyukur, berperilaku baik terdapat 6 data, (2) jujur berupa sikap tokoh Rama yang berkata dengan sebenarnya dan tidak pernah berbohong terdapat 2 data, (3) disiplin, seperti selalu datang tepat waktu sesuai dengan ketetapan yang telah diberikan, mentaati aturan sekolah terdapat 3 data, (4) kerja keras dicerminkan oleh tokoh Rama melalui sikap, seperti tidak mudah putus asa, sungguh-sungguh dalam belajar untuk menggapai cita-citanya, menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya terdapat 5 data, (5) kreatif terlihat ketika tokoh Rama memiliki cara bermain yang berbeda dengan yang lain terdapat 1 data, (6) rasa ingin tahu ketika tokoh Rama, seperti terlihat ingin mengetahui lebih mendalam mengenai perempuan, penasaran dengan apa yang ia dengar terdapat 2 data, (7) menghargai prestasi, seperti terlihat ketika tokoh Rama mengakui dan menghormati prestasi orang lain, ketika berhasil menjadi juara 1, mendapat juara 1 lomba pidato terdapat 6 data, (8) bersahabat/komunikatif, seperti sikap tokoh Rama yang selalu mau berteman dengan siapa saja, suka membantu, terdapat 6 data, (9) cinta damai dicerminkan oleh tokoh Rama, seperti selalu mau memaafkan temannya yang bersalah dan menjahatinya, tidak pernah dendam terdapat 5 data, (10) peduli sosial dicerminkan tokoh Rama, seperti sikap yang memberikan bantuan kepada temannya, membantu teman membuat PR terdapat 9 data, dan (11) tanggung jawab muncul ketika tokoh Rama melaksanakan kewajibannya sebagai anak untuk bisa membanggakan orang tua dengan dapat ranking 1 di kelas Bahasa, dan mendapatkan juara 1 pada lomba pidato bahasa Inggris terdapat 2 data. Kedua pada aspek motivasi ditemukan (1) motivasi intrinsik yang muncul akibat adanya dorongan dari dalam diri individu itu sendiri,seperti mempunyai keinginan untuk bersekolah, keinginan untuk mendapatkan juara, keinginan untuk berhasil mencapai cita-cita terdapat 10 data, dan (2) motivasi ekstrinsik yang muncul akibat adanya dorongan dari luar diri individu itu sendiri, seperti adanya dukungan dari orang tua untuk bisa mendapat juara, adanya semangat dari teman untuk bisa memenangkan perlombaan terdapat 14 data. Dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang dominan adalah nilai peduli sosial serta bersahabat dan komunikatif serta pada motivasi yang dominan adalah motivasi eksternal. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Motivasi, Tokoh Utama, Novel Mata Kedua
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:00 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:00 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12924 |
Actions (login required)
View Item |