Ikhsan, Ikhsan and Khairudin, Khairudin and Rita, Desfitri (2018) Penerapan Teknik Quick on The Draw pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (3MB) |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Sebagian besar hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok masih berada di bawah KKM, salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan teknik Quick on The Draw. Dengan diterapkannya teknik ini diharapkan siswa memiliki perhatian dalam pembelajaran dan siswa lebih memahami konsep pembelajaran serta siswa optimis untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar siswa selama diterapkannya teknik Quick on The Draw pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok (2) untuk membandingkan hasil belajar matematika yang menerapkan teknik Quick on The Draw pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok.Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimana perkembangan aktivitas belajar siswa selama diterapkannya teknik Quick on The Draw pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok? Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Quick on The Draw lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Solok tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari enam indikator kelas eksperimen. Aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen secara umum cenderung meningkat. Walaupun pada setiap pertemuan aktivitas belajar siswa masih mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh hal tertentu. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel yang terdiri dari sembilan butir soal uraian. Kemudian hasil tes belajar siswa dianalisis menggunakan uji hipotesis. Diperoleh dengan ℎ = 1,85 dan = 1,68 dengan taraf = 0,05 maka ℎ > sehingga hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan teknik Quick on The Draw lebih baik dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:13 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13114 |
Actions (login required)
View Item |