HUSNAINA, HUSNAINA and Khairudin, Khairudin and Fazri, Zuzano (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DISERTAI QUIZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 32 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
Cover.pdf Download (472kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 32 Padang. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah peran guru lebih dominan dibanding siswa, siswa cenderung besifat pasif dan siswa kurang berpartisipasi dalam proses belajar mengajar , dimana aktivitas anak hanya mencatat, mendengarkan , dan hanya sebagain kecil saja yang mau bertanya dan bediskusi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Quiz Dalam Pembelajaran Matematika . Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning yang disertai dengan Quiz lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 32 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Discovery Learning yang disertai dengan Quiz lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 32 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Model Discovery Learning disertai Quiz lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 32 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 32 Padang tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki 6 kelas. Sampel diambil dua kelas secara acak terpilih kelas VIII2 sebagai kelas kontrol dan VIII3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes Quiz dan tes hasil belajar matematika siswa. Data tes Quiz diperoleh disetiap pertemuan dan dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran dikelas eksperimen. Hasil yang diperoleh adanya kecenderungan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Dari pertemuan pertama sampai pertemuan ke lima dapat kita lihat persentase siswa yang mencapai ketuntasan di kelas eksperimen masih ada yang berada diatas 50% yaitu pada pertemuan ketiga dan pertemuan keenam. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dengan memberikan tes akhir kepada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji t dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:45 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 04:45 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13348 |
Actions (login required)
View Item |