PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 PADANG

Sestry, Ayu Ruganda and Gusmaweti, Gusmaweti and Azrita, Azrita (2018) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penerapan model Problem Based Learning dengan Inquiry Learning terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X MIPA di SMA N 5 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 204 siswa. Penentuan kelas sampeldilakukan dengan teknik purposive sampling dan penentuan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan secara random. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Teknik analisa dengan uji t jika data berdistribusi normal dan homogen.Penilaian aspek kognitif berupa soal test yang sudah valid sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor dengan penilaian observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Inquiry Learning terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X MIPA di SMA N 5 Padang. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMA N 5 Padang. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata gain score siswa pada model Problem Based Learning yaitu 0,53 lebih tinggi dari rata-rata gain score siswa pada kelas model Inquiry Learning 0,50. Terdapat perbandingan penerapan model Problem Based Learning dan model Inquiry Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAN 5 Padang. Peningkatan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada model Inquiry Learning. Untuk itu disarankan kepada guru maupun peneliti selanjutnya agar dapat menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan cara berfikir siswa, membantu hasil belajar siswa dengan kemampuan siswa. Kata Kunci`: Pembelajaran Biologi, Model Problem Based Learning, Model Inquiry Learning, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 May 2023 04:19
Last Modified: 09 May 2023 04:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item