PENGARUH MODELCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 50 KURANJI

Deby, Pratiwi and NINIWATI, NINIWATI and Ira Rahmayuni, Jusar (2018) PENGARUH MODELCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 50 KURANJI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di SD Negeri 50 Kuranji Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 50 Kuranji yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VA, VB dan VC. Teknik pengambilan sampel menggunakan SimpleRandom Sampling. Berdasarkan hasil dari pengambilan sampel secara random, maka terpilihlah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,73 dan pada kelas kontrol72,38. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis perbedaan rata-rata yaitu rumus t-test. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif dengan taraf kepercayaan 0,05 diperoleh thitung = 2,264 dan t(0,05,41) = 2,019, maka thitung= 2,264 > t(0,05,41) =2,019, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 50 Kuranji. Untuk itu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat diterapkan pada saat melaksanakan proses pembelajaran Matematika. Untuk itu disarankan pada guru kelas saat belajar Matematika untuk dapat menerapkan model Contextual Teaching and Learning dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : contextual teaching and learning, hasil belajar, pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 19 May 2023 01:40
Last Modified: 19 May 2023 01:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item