PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IVSDN 20 KURAO PAGANG

FATHU RAHMI, RAHMI and Susi, Herawati and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF BERTUKAR PASANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS IVSDN 20 KURAO PAGANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V - DP.pdf

Download (125kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran bertukar pasangan dengan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 20 Kurao Pagang, kecamatan Nanggalo Padang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor nilai akhir Matematika ranah kognitif yang dikumpulkan melalui tes. Uji hipotesis hasil tes akhir matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini terlihat bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model bertukar pasangan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,04 dan 72,54 pada kelas kontrol, terlihat darihasil pengujian hipotesis dengan dk = 50 dan taraf kepercayaan α = 0,05 di dapat �(�.��;��) 1,68 sedangkan ��� ��� = 2,0114. Karena ��� ���>�(�.��;��) yaitu 2,0114 > 1,68 berarti kriterianya adalah terima �� atau tolak ��. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model bertukar pasangan lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional.Peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya, yang ingin menerapkan model pembelajaran bertukarpasangandilakukandengan pelaksanaan yang baik sehingga hasil pembelajarannya meningkat.Terlebihpada saat pembagian pasangan kelompok siswa dan juga saat kegiatan bertukar pasangan. Hendaknya sebelum melaksanakan pembelajaran, terlebih dahulu disusun strategi agar kegiatan dengan menerapkan pembelajaran bertukar pasangan terlaksana secara efektif. Kata kunci :bertukarpasangan, hasilbelajar, pembelajaranmatematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 23 May 2023 03:08
Last Modified: 23 May 2023 03:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

View Item View Item