PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 43 DADOK TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG

Resti, Khairanisa and Ade, Sri Madona and Muhammad, Sahnan (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 43 DADOK TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (177kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah randomized control group posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam dan sebagai kelas sampel yaitu siswa kelas V.A 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B 30 orang sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model Scramble dengan kelas kontrol yang menggunkan motode Konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari jumlah nilai dan rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen=jumlah nilai 2400 dengan rata-rata nilai 80,00 kontrol=jumlah nilai 2185 dengan rata-rata 72,83) dan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan ujit menunjukkan thitung > ttabel (3,22 > 1,66). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam. Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 May 2023 06:56
Last Modified: 24 May 2023 06:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13725

Actions (login required)

View Item View Item