PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH

Selvina, Selvina and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BABI.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (214kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas belajar matematika dan melihat hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih. Teknik pengambilan sampel diperoleh dengan cara Total Sampling. Langkah pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menguji kesamaan rata-rata kedua sampel dan didapatkan kelas VA sebagai eksperimen dan kelas VB sebagai kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t kerena berdistribusi normal dan varian homogen. Kreativitas belajar siswa cukup baik dengan rata-rata persentase 31%. Rata-rata hasil tes akhir matematika siswa kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 68,41 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh ������ = 2,10 dan������ = 2,02 berarti � ����� > ������, maka hipotesis H� diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa.Sehingga model ini dapat diterapkan guru untuk mencapai hasil belajar matematika yang lebih optimal. Kata kunci : kreativitas, hasil belajar, danmodel pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 May 2023 03:19
Last Modified: 26 May 2023 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item