PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS VSDN 03 BINUANG KAMPUNG DALAM KOTA PADANG

Vinia, Fernandes and Hendra, Hidayat and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAWTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS VSDN 03 BINUANG KAMPUNG DALAM KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab i.pdf

Download (723kB)
[img] Text
bab v-dp.pdf

Download (236kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangioleh proses pembelajaran yang masihberpusatpada guru, kurangnyaminatsiswadalammengikuti proses pembelajaransehinggaberpengaruhterhadaphasilbelajar. Rendahnyahasilbelajarsiswamenuntut guru untukmemperbaiki proses pembelajaran, salahsatucaradenganmenerapkan model pembelajaranKooperatif tipe Jigsaw. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpembelajaranKooperatif tipeJigsawterhadaphasilbelajarIPA siswakelas V SDN 03 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Teori yang digunakan di dalampenelitianiniadalahteoriSumatowa (2016) tentangpembelajaranIPAdan model pembelajaranKooperatif tipe Jigsaw yang dikemukakanolehShoimin (2014).Jenispenelitianinieksperimen.Populasipenelitianadalahseluruhsiswakelas V SDN 03 Binuang Kampung Dalam Kota Padang, denganteknikpengambilansampelTotal Sampling.Penentuankelaseksperimendankelaskontroldilakukansecararandom, sehinggadidapatkankelas V Bsebagaikelaseksperimendenganjumlah28orang siswadankelas V A sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa25 orang. Instrumenpenelitianadalahtesyang berbentuk butir soal objektif sebanyak 20 dan didapatkan hasilnilai rata-rata kelas eksperimen 81,32 dan kelas kontrol 73,4. Data dianalisismenggunakanuji-t.Berdasarkananalisis data diperoleht����� = 2,89dant�� �= 2,009yaitut�����> t �� � maka hipotesis H1diterima. DapatdisimpulkanpengaruhpembelajaranKoopertif tipe Jigsawmemberikanpengaruh yang positifterhadaphasilbelajarsiswakelas V B semester 2 SDN 03 Binuang Kampung Dalam Kota Padang. Kata kunci: PembelajaranKooperatiftipe Jigsaw, Hasilbelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 29 May 2023 07:36
Last Modified: 29 May 2023 07:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item