Yulita, Anggrayni and Hendra, Hidayat and rona, taula Sari (2018) PENERAPAN PENGGUNAAN MODELTEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 08 ENAM LINGKUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUG HATTA.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (406kB) |
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (204kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) menggunakan model Team Quiz dengan model konvensional di SD Negeri 08 Enam Lingkung Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 08 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Total Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil tes akhir pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga digunakan uji-t untuk pengujian hipotesis dimana t hitung dibandingkan t tabel dengan dk 37 pada taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh t tabel = 2,576 dan t hitung = 14,42. Hal ini berarti t hitung > t tabel dimana 14,42> 2,576 dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan analisis data dapat dilihat bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menerapkan Model Team Quiz lebih baik hasil belajarnya dengan rata-rata 85,26 dibandingkan kontrol dengan ratarata 73 yang menerapkan metode konvensional. Untuk itu disarankan kepada guru IPA agar dapat menggunakan Model Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Model Team Quiz, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 30 May 2023 03:20 |
Last Modified: | 30 May 2023 03:20 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13794 |
Actions (login required)
View Item |