Serly, Restu Fauziah and Lisa, Deswati and Rona, Taula Sari (2018) PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA PGRI 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.PDF Download (59kB) |
|
Text
SKRIPSI.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajarkelaseksperimendankelaskontroldanmelihatpengaruhpenggunaanmetod e Mind Mappingterhadaphasilbelajarbiologisiswakelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang. Dalampenelitianinidigunakanteknikpengambilansampelsecaraacak yang dinamakanjugasimple random sampling, makadidapatkan XI IPA 1 sebagaikelaseksperimendan XI IPA 2 sebagaikontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 73.53 dan kelas kontrol 38.69. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung8.45> ttabel 1.68 (α 0.05),berarti H1 diterima.Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhhasil belajar antara siswa yang diajar denganmetodeMind Mapping dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan metode Metode Mappingini memberikan ketuntasan terhadap hasil belajar siswa sebesar 85%. PembelajarandenganmetodeMind Mappingini merupakan teknik baru dalam strategi pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru, sehingga dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut. Kata Kunci:Pembelajaran IPA, Mind Mapping, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:14 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14138 |
Actions (login required)
View Item |