PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG

Silvia, Anggraini and Gusmaweti, Gusmaweti and Hidayati, Azkiya (2017) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (140kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar aspek kognitif dan afektif IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan metode konvensional di kelas IV SDN 54 Anak Air Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian di SDN 54 Anak Air Padang dengan jumlah sampel penelitian ada dua kelas yaitu siswa kelas IV A dan IV B dengan jumlah siswa 60 siswa. Penentuan kelas sampel menggunakan purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Teknik analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar aspek kognitif IPA rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 86,45 dan pada kelas kontrol yaitu 74,83. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 3,72 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil belajar aspek afektif IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,83 dan 70,63. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 3,72 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar aspek kognitif dan afektif IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Contextual Teaching and Learning Contextual Teaching and Learning. Kata Kunci: Kooperatif, Contextual Teaching and Learning, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:08
Last Modified: 31 Jul 2023 02:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item