PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 09 AIR PACAH KOTA PADANG

Yana, Parista Oktari and Erman, Har and Daswarman, Daswarman (2017) PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 09 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (191kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar IPA siswa, yaitu antara hasil belajar yang pembelajaran menggunakan metode konvensional dengan hasil belajar siwa yang menggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 09 Air Pacah Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 09 Air pacah kota padang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling, sampel diambil dari ketiga kelas yang dilakukan dengan cara pengundian, kelas yang terambil pertama kali dijadikan kelas eksperimen dan kelas yang terambil selanjutnya dijadikan kelas kontrol, hasil dari pengundian tersebut didapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan Kelas VC sebagai kelas kontrol. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Data dalam penelitian ini adalah berupa tes akhir selanjutnya di olah dengan uji t. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh t����� yaitu 3,426. Bila dibandingkan dengan t�� � adalah 2,016 maka t�����>t�� � ( 0,05), dengan demikian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 09 Air Pacah Kota Padang dengan menggunakan metode demonstrasi memperlihatkan hasil yang positif, karena hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelas kontrol, dimana hasil belajar ranah kognitif pada kelas kelas eksperimen (rata-rata 87,86), kelas kontrol (rata-rata 75,80). Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan metode demonstrasi, sebagai salah satu metode dalam pembelajaran IPA di seluruh sisiwa tingkat Sekolah Dasar. Kata kunci : metode demonstrasi, dan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:27
Last Modified: 02 Aug 2023 02:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item View Item