PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 18 SUMEDANG PESISIR SELATAN

Intani, Zaima and Ashabul, Khairi (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 18 SUMEDANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
I. Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi, dan Bab Pendahuluan Intani Zaima (19-007)_removed.pdf

Download (904kB)
[img] Text
II. Bab Kesimpulan, Saran, dan Daftar Pustaka Intani Zaima (19-007).pdf

Download (4MB)
[img] Text
III. Full Teks Skripsi Intani Zaima (1910013411007)_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ktivitas bertanya, berpendapat, dan melakukan diskusi siswa serta untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 18 Sumedang Pesisir Selatan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase aktivitas bertanya siswa pada siklus I 52,35% dengan criteria kurang meningkat pada siklus II dengan persentase 78,2% dengan criteria tinggi, aktivitas berpendapat siswa pada siklus I dengan persentase 47,55% dengan criteria kurang meningkat pada siklus II dengan persentase 78,35% dengan criteria tinggi, melakukan aktivitas diskusi siswa pada siklus I dengan persentase 52,35% dengan criteria kurang, meningkat pada siklus II dengan persentase73,45% dengan criteria tinggi dan hasil ujian evaluasi siswa siklus I rata-rata 50,71 dengan persentase 28,57%, meningkat pada siklus II rata-rata 82,38 dengan presentase 85,71%. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : IPA, Aktifitas dan Hasil, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:16
Last Modified: 29 Aug 2023 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item View Item