Titin, Andriani and M. Tamrin, M. Tamrin (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DI SDN 23 UJUNG GURUN KOTA PADANG. Diploma thesis, Uversitas Bung Hatta.
Text
COVER TITIN ANDRIANI 19-236.pdf Download (593kB) |
|
Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA TITIN ANDRIANI 19-236.pdf Download (116kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL TITIN ANDRIANI 19-236.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PKn di SDN 23 Ujung gurun. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar PKn menggunakan model inquiry di kelas V SDN 23 Ujung Gurun. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada dikelas V SDN 23 Ujung Gurun yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PKn. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru, presentase ketuntasan dan peningkatan hasil belajar siswa. Presentase ketuntasan belajar siswa aspek kognitif (C1) pada siklus I hanya 45,1% sedangkan pada (C2) presentase ketuntasan belajar siswa yaitu 60,1% dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 70,7 Presentase ketuntasan belajar siswa aspek kognitif (C1) pada siklus II meningkat menjadi 90,1% sedangkan pada (C2) presentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu 85,1% dengan nilai rata-rata 84,7 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 23 Ujung Gurun. Kata Kunci : Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran Inquiry,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 02:43 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 02:43 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15208 |
Actions (login required)
View Item |