Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sungai Talang

Ranti, Ravelina and Syafni, Gustina Sari (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sungai Talang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI RANTI RAVELINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 02 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain “posttest-only control design” populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Berdasarkan hasil penelitan diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen 83,46 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 73,29. Secara uji statistik thitung > ttabel dimana 2,136 > 2,048 dengan demikian H1 diterima. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 02 Sungai Talang Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:40
Last Modified: 30 Aug 2023 01:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15273

Actions (login required)

View Item View Item