Intan, Cantika Rahmi and Siska, Angreni (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIF SCRIPT BERBANTUAN POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 02 SUNGAI TALANG, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
Cover - Bab 1 Pendahuluan.docx Download (608kB) |
|
Text
Bab V Kesimpulan dan Saran Intan Cantika Rahmi.docx Download (72kB) |
|
Text
Skripsi Intan Cantika Rahmi 19-152.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Cooperatif Script berbantuan PowerPoint di SD N 02 Sungai Talang, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuasi Eksperimen.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang pada kelas ekperimen dan 12 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Instrument penelitian terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Data yang diambil dalam penelitian adalah Minat dan Hasil Belajar IPA siswa yang diperoleh melalui Angket (Lembar Kuisoner) dan Tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen nilai rata-rata (79,4) dan kelas kontrol nilai rata-rata (77,9). Secara uji statisticthitung > ttabel atau 3,515 > 2,032 dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima serta nilai normalitas 0.200 dengan kategori normal. Homogenitas 0.113 pada kelas eksperimen dan 0.884 pada kelas kontrol dengan kategori homogen. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaanmodel pembelajaran Cooperatif Script berbantuan PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar di SD N 02 Sungai Talang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15638 |
Actions (login required)
View Item |