Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang

Raudatul, Rahma Dani and Rita, Desfitri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover, halaman pengesahan, abstrak, daftar isi dan bab pendahuluan.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Bab kesimpulan Saran dan Daftar Pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, keaktifan dan partisipasi siswa yang masih kurang dan proses pembelajan yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMPN 29 Padang. Sedangkan hipotesis yang dikemukakan adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMPN 29 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi experiemental design dengan rancangan penelitian nonequivalent grup posttest only design. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 29 Padang yang terdiri dari 3 kelas yang telah diuji homogenitasnya. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test (tes akhir). Berdasarkan analisis data diperoleh sampel berdistribusi normal dan homogen maka dapat dilakukan pengujian hipotesis dengan uji-t. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis diperoleh s=14,1842 selanjutnya gunakan rumus uji t, diperoleh t=4,9985 dan t_((49;0,95) )=1,6755. Didapat t_((49;0,95) )<t_hitung berarti tolak H_0. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMPN 29 Padang. Dari penelitian ini, disarankan guru mata pelajaran matematika untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.Penelitian ini masih terbatas pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Oleh karena itu, diharapkan untuk peneliti selanjutnya untuk dapat melanjutkan penelitian dengan variable dan pokok bahasan yang lain. Kata Kunci : Kooperatif, Think Talk Write, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:48
Last Modified: 06 Sep 2023 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item