Winda, Maulani Seftion and Hasnul, Fikri and Romi, Isnanda (2017) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL KETIKA MAS GAGAH PERGI KARYA HELVY TIANA ROSA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
7. COVER.pdf Download (290kB) |
|
Text
7. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikannilai-nilaipendidikankaraktertokohutama novel Ketika Mas GagahPergikaryaHelvyTiana Rosa.Teorianalisisfiksi yang digunakandalampenelitianinidikemukakanolehHasanuddin WS (1992) danNurgiantoro (2010), teoripendidikankarakter yang dikemukakanolehHasan (2010),SamanidanHariyanto MS (2014).Penelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganmetodedeskriptif.Teknikanalisis data yang digunakansebagaiberikut: (1) mengelompokkan data berdasarkanfokuspenelitian, yaitustruktur novel berupaalur, penokohan, danlatarsertanilai-nilaipendidikankarakter (2) mendeskripsikannilai-nilai yang terdapatdalamalur, penokohandanlatar novel (3) menarikkesimpulan. Berdasarkanhasilanalisis data ditemukannilaikarakter yang ditunjukkan oleh tokohutamasebagaiberikut: (1) religiusolehtokoh Mas Gagahkarenaberubahmenjadilebihbaik, danalim, (2) toleransiolehtokoh Mas Gagahkarenabisamenerimapendapat orang lain, (3) kerjakerasolehtokohDinikarenadalamperbuatanselalubersungguh- sungguhmengerjakansesuatu, (4) kreatifolehtokohDinikarenamelakukansesuatu yang menghasilkandengancarasendiri, (5) mandiriolehtokoh Gita, karenamemilikisikapdanperilaku yang tidakmudahtergantungpada orang lain, (6) demokratisolehtokoh Mas Gagahkarenacarabersikap, danbertindak yang menilaisamahakdankewajibandirinyadan orang lain, (7) rasa ingintahuolehtokoh Gita denganmenanyakansesuatu yang belumdiketahui, (8) cintatanah air olehtokoh Abdullah yang banggamenggunakanprodukaslidari Indonesia, (9) menghargaiprestasiolehtokoh Gita yang menghasilkansesuatu yang berguna, (10) bersahabat/komunikatifolehtokohDinimemilikibanyaktemankarenapandaibergauldeng an orang lain, (11) cintadamaiolehtokoh Mas Gagahselalumenginginkanperdamaian, (12) pedulilingkunganolehtokoh Mas Gagah yang membantumelestarikanlingkungansekitar, (13) pedulisosialolehtokoh Abdullah yang selalumengingatkandanmemberinasihatkepadasesamanya. Berdasarkanhasilanalisis data dapatdisimpulkanbahwakaraktertokohutama, yaituberubahmenjadilebihbaik, alim, danbersungguh-sungguhmempelajari agama Islam.Perubahaniniberdampak pula padakarakterpedulisosialdaritokohutamakarenaterdapat 14 data sehinggawajar pula kalaupedulisosialmerupakannilaipendidikankarakter yang paling dominanpada novel Ketika Mas GagahPergi. Kata Kunci: PendidikanKarakter, TokohUtama, Novel KetikaMas GagahPergi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:13 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16999 |
Actions (login required)
View Item |