PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KUIS INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IVA SD N 01 ULAK KARANG SELATAN

Sinthia, Oktavianti and Rieke, Alyusfitri (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KUIS INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IVA SD N 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER,HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
iii. FULL TEKS SKRIPSI SINTHIA OKTAVIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IVA di SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IVA dengan menggunakan metode Team Games Tournament (TGT) berbantu media kuis interaktif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan yang berjumlah 25 siswa. Instrumen dari penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktifitas guru dan lembar tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 70,8% termasuk kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 87,49% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata – rata 72,44 dengan persentase ketuntasan 52% dan pada siklus II diperoleh rata – rata 82,6 dengan persentase ketuntasan 84%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Team Games Tournament (TGT) berbantu media kuis interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan agar guru dapat menerapkan metode Team Games Tournament (TGT) berbantu media kuis interaktif, agar kedepannya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Team Games Tournament (TGT), Kuis Interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:44
Last Modified: 21 Mar 2024 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19079

Actions (login required)

View Item View Item