MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SDN 34 AIR PACAH PADANG

Rani, Natalia and M., Nursi (2024) MENINGKATKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 34 Air Pacah Kota Padang, dan bertujuan untuk meningkatkan capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa tersebut pada aspek kognitif pemahaman (C2) dan aspek afektif kerja sama (A2) melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek berjumlah 20 orang siswa, yang dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dan diakhiri dengan tes di akhir masing-masing siklus. Sedangkan intrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru. lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi penilaian aspek afektif siswa, dan lembar tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa, aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 50% dengan rata-rata hasil belajar 75, dan meningkat pada siklus II menjadi 85% dengan rata-rata hasil belajar 90. Sedangkan aspek afektif siswa, diperolah persentase pada siklus I sebesar 61,5% dan pada siklus Il meningkat menjadi 85%. Dengan demikian dapat ditegaskan bahwa hasil pembelajaran Pendidikan pancasila siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah Kota Padang dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw baik pada ranah kognitif maupun ranah afektif. Kata kunci: Hasil Pembelajaran, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:41
Last Modified: 21 Mar 2024 03:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19176

Actions (login required)

View Item View Item