Poppy, Destri Rahmadina and Ade, Sri Madona (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MODEL LEARNING START WITH A QUESTION PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 18 KARAN AURKOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
cover- BAB I POPPY DESTRI RAHMADINA.pdf Download (986kB) |
|
Text
BAB V- DAFPUS POPPY DESTRI RAHMADINA.pdf Download (185kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI POPPY DESTRI RAHMADINA 20-264.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model Learning Start With a Question. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 18 Karan Aur Kota Pariaman berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aktivitas membaca pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 36,6%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata persentase sebesar 76,6%. Aktivitas Berdiskusi pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 50%, pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase sebesar 83,3%. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Learning Start With a Question dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa kelas IV pada Pembelajaran IPAS di SDN 18 Karan Aur Kota Pariaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:50 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19306 |
Actions (login required)
View Item |