PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG

Nurul Fajri, Sidiqiah and Yetty, Morelent (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover-bab 1.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V Penutup .pdf

Download (95kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL FAJRI SIDIQIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampila menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang, Kota Padang, disebabkan karena kurangnya keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model Picture and Picture. Model Picture and Picture digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan gambar sebagai sumber inspirasi untuk menulis karangan narasi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu kajian sistematis dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 32 Bungo Pasang, Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa lembar observasi guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil peneltian, presentase keterampilan menulis karangan narsi siswa siklus 1 sebesar 39,29% meningkat pada siklus II menjadi 75,00%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:13
Last Modified: 21 Mar 2024 04:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item