Tessa, Manyolay and Arlina, Yuza (2024) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 01 Asam Kumbang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
TESSA MANYOLAY 20-189 i.pdf Download (846kB) |
|
Text
TESSA MANYOLAY 20-189 ii.pdf Download (316kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Asam Kumbang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN 01 Asam Kumbang, yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, Rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,5 dan meningkat pada siklus II yaitu 87,5. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 65%, meningkat pada siklus II menjadi 80%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas IVA SDN 01 Asam Kumbang dapat ditingkatkan dengan model problem based learning. Kata Kunci: Matematika, model problem based learning dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 05:32 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 05:32 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19492 |
Actions (login required)
View Item |