Popi, Cania and Siska, Angreni (2024) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Kelas IV dengan Menggunakan Model Tipe Jigsaw Berbantuan Media Permainan Spinning Wheel di SDN 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (712kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN SARAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
SKRIPSI POPI CANIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Permainan Spinning Wheel Di Kelas IV SD Negeri 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes di akhir siklus. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar angket minat siswa dan lembar tes hasil belajar. Bersadarkan hasil penelitian persentase aktivitas guru pada siklus I 65,50% meningkat pada siklus II 87% dan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Tipe Jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan minat belajar siswa dari siklus I 58% menjadi 86% di siklus II. Di mana rata-rata hasil tes hasil belajar di siklus I 70,2 dengan ketuntasan 60% meningkat 80,2 dengan ketuntasan 80% di siklus II. Dapat disimpulkan terjadi peningkatan minat dan hasil belajar siswa di SDN 99/III Sungai Pegeh Kabupaten Kerinci dan disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Permainan spinning wheel dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:34 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19519 |
Actions (login required)
View Item |