STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT BUJANG SAMBILAN

Yessi, Gusni Ayu and Yetty, Morelent and Dainur, Putri (2015) STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT BUJANG SAMBILAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10. COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text
10. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Bujang Sambilan. Teori yang digunakan adalah pendapat Danandjaya (1991) tentang folklor, Rokhmansyah (2014) tentang struktur drama, dan Mustari (2014) tentang nilai-nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian adalah cerita rakyat Bujang Sambilan dengan penyusun naskah Yus Dt. Parpatiah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan mengunakan komputer untuk mendownload cerita rakyat dan lembaran pencatatan untuk mencatat cerita rakyat. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik simak dan catat. Berdasarkan analisis data dikemukakan hal-hal sebagai berikut. (1) Pertama, tema yang terdapat dalam cerita adalah kasih tak sampai akibat dendam yang tak sudah. Kedua, alur yang terdapat dalam cerita tersebut adalah alur maju karena menceritakan peristiwa mulai dari awal hingga akhir. Ketiga, penokohan berdasarkan tugasnya digolongkan menjadi tiga, yaitu tokoh protagonis: Sani dan Giran, tokoh antagonis: Malintang, dan tokoh tritagonis: Palimo Bayua, Rambun Bamaniak, Dt. Limbatang, Pandeka Rayo, Kurambi, Galapuang, Balok, Barasok, Pandan dan Gasan. Keempat, latar yang terdapat dalam cerita mencakup latar tempat, waktu, dan sosial, Kelima, amanat yang terdapat dalam cerita tersebut memiliki sebelas pesan yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Bujang Sambilan adalah nilai bertanggung jawab, sadar diri, jujur, demokratis, religius, disiplin, ingin tahu, santun, suka menolong, berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, dan tangguh. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam cerita rakyat Bujang Sambilan mengandung struktur dan syarat dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Kata kunci : struktur, nilai-nilai pendidikan karakter, cerita rakyat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 27 May 2024 06:27
Last Modified: 27 May 2024 06:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20472

Actions (login required)

View Item View Item