Pepi, Mulya Sarni and MARSIS, MARSIS and Dainur, Putri (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
15. COVER.pdf Download (249kB) |
|
Text
15. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII.7 dengan menggunakan teks biografi di SMP Negeri 31 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitin, yaitu teori yang dikemukakan oleh: (1) Kunandar (2013) tentang penelitian tindakan kelas, (2) Semi (2009) dan Tarigan (2008) tentang keterampilan menulis, (3) Finoza (2013) dan Gie (2002) tentang penulisan karangan, (4)Kemendikbud (2013) tentang menulis teks biografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa, dan tes tertulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I adalah 71,96 meningkat pada siklus II menjadi 83,37 dengan perbandingan persentase antara siklus I dan siklus II 11,41%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat disimpulkan bahwa menulis karangan dengan menggunakan teks biografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 31 Padang. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan, Teks Biografi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 30 May 2024 06:26 |
Last Modified: | 30 May 2024 06:26 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20542 |
Actions (login required)
View Item |