Sri Wulandari, Sri Wulandari and Syofiani, Syofiani and Romi, Isnanda (2015) KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
16. COVER.pdf Download (371kB) |
|
Text
16. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyesuaikan tema, tokoh, alur, dan gaya bahasa dalam naskah drama. Teori yang digunakan yaitu pendapat Semi (2007) tentang menulis, Hasanuddin (2006) tentang drama, dan Hartono (2014) tentang teknik pemodelan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, ditemukan dua hal yang berbeda. Pertama, siswa kelas XI. IPA 1 SMAN 4 Pariaman termasuk pada kategori baik dalam menulis naskah drama. Kedua, dari keempat aspek penelitian, ditemukan kurangnya kemampuan siswa dalam mendeskripsikan gaya bahasa dalam naskah drama, yaitu sebanyak 17 orang siswa dengan persentase 28,33%. Analisis data secara keseluruhan terhadap naskah drama yang ditulis oleh siswa kelas XI.IPA 1 SMAN 4 Pariaman dapat disimpulkan secara kualitatif dengan hasil penelitian unsur intrinsik yang terdiri dari aspek tema, tokoh, alur, dan gaya bahasa dengan kategori sangat tergambar berjumlah 40,83%, cukup tergambar berjumlah 19,16 %, kurang tegambar berjumlah 11,66%, dan tidak tergambar berjumlah 28,33%. Dari keempat aspek penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman dengan menggunakan teknik pemodelan berada pada kategori baik. Kata Kunci : Menulis, Drama, Teknik Pemodelan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 30 May 2024 06:50 |
Last Modified: | 30 May 2024 06:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20543 |
Actions (login required)
View Item |