NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN DONGENG ANAK SHALEH KARYA MB. RAHIMSYAH AR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Fudika, Prasetyo and Hasnul, Fikri and Romi, Isnanda (2017) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN DONGENG ANAK SHALEH KARYA MB. RAHIMSYAH AR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
22. COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
22. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan Dongeng Anak Shaleh karya MB. Rahimsyah AR. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori sastra oleh Muhardi dan Hasanuddin (1992), teori dongeng oleh Semi (1988), dan tentang pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kurniawan (2013), yang meliputi 18 pendidikan karakter. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data adalah (1) membaca dan memahami kumpulan dongeng anak shaleh karya MB. Rahimsyah AR, (2) mencatat seluruh data yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, (3) membuat gambaran situasi dari data yang sudah dikumpulkan, (4) menganalisis data yang sudah dikelompokan untuk mendapatkan kesimpulan, (5) menafsirkan implikasi dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan tiga belas aspek pendidikan karakter yaitu nilai religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab, sedangkan lima aspek nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan meliputi, toleransi, mandiri, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan peduli lingkungan. Nilai pendidikan karakter ini berkontribusi dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP kelas VIII semester 2, KI (3) memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. KD (3.1) Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa kumpulan Dongeng Anak Shaleh karya MB. Rahimsyah AR cukup banyak mengandung nilai pendidikan karakter sehingga dapat digunakan sebagai teks pembelajaran dan sarana pembentukan nilai karakter oleh guru di sekolah. Kata kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Dongeng Anak Shaleh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:22
Last Modified: 04 Jun 2024 07:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20574

Actions (login required)

View Item View Item