IMPLEMENTASI SISTEM INTERNET OF THINGS PADA SISTEM MONITORING DAN KONTROLING KONSUMSI ENERGI LISTRIK (SMART BOX) BERBASIS WEB

Fadly, Kurniawan and Arnita, Arnita (2024) IMPLEMENTASI SISTEM INTERNET OF THINGS PADA SISTEM MONITORING DAN KONTROLING KONSUMSI ENERGI LISTRIK (SMART BOX) BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
repo TUGAS AKHIR - 1.pdf

Download (939kB)
[img] Text
repo TUGAS AKHIR - 2 FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
repo TUGAS AKHIR - 3.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Implementasi Sistem Internet of Things pada Sistem Monitoring dan Kontroling Konsumsi Energi Listrik (Smart Box) Berbasis Web." Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan efisiensi energi listrik yang semakin meningkat, terutama dalam mengurangi pemborosan dan meningkatkan kesadaran pengguna akan konsumsi energi. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya sistem yang efektif untuk memantau dan mengontrol konsumsi energi listrik secara real-time. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan sistem berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat memantau dan mengontrol konsumsi energi listrik secara efisien melalui antarmuka web. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang melibatkan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak untuk sistem IoT. Perangkat keras terdiri dari sensor dan aktuator yang terhubung ke mikrokontroler ESP32, sedangkan perangkat lunak mencakup pengembangan antarmuka web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menilai kinerja sistem berdasarkan parameter-parameter seperti keandalan, respon, dan adaptabilitas. Landasan teori yang digunakan meliputi konsep dasar IoT, pengelolaan energi listrik, serta prinsip-prinsip desain antarmuka pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu melakukan monitoring dan kontrol konsumsi energi listrik secara real-time, yang berkontribusi pada peningkatan efisiensi energi dan kesadaran pengguna. Sistem ini juga terbukti handal dalam beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan dan kebutuhan pengguna, serta responsif terhadap perubahan data yang terjadi. Kesimpulannya, sistem IoT berbasis web ini dapat diimplementasikan secara efektif untuk mendukung pengelolaan energi listrik yang lebih baik. Kata Kunci : Internet of Things, Monitoring Energi Listrik, Kontrol, Konsumsi Energi, Sistem Berbasis Web, Efisiensi Energi, Mikrokontroler ESP 32, SmartBox.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Rekayasa Komputer dan Jaringan
Depositing User: Tim Trkj FTI
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:28
Last Modified: 02 Sep 2024 06:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21351

Actions (login required)

View Item View Item