PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DI KELAS IIA SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG

Rayhan, Rayhan and Romi, Isnanda (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DI KELAS IIA SDN 47 KORONG GADANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover dan Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Skripsi{Rayhan Wijatama}.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca di kelas II A pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 47 Korong Gadang Kota Padang, hal ini disebabkan kurangnya variasi media dalam menerapkan media pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media cerita bergambar di kelas II A SDN 47 Korong Gadang Kota Padang. Pengertian membaca mengacu pada pendapat (Trigan 2008:7) sedangkan media cerita bergambar mengacu pada pendapat (Santoso 2008:7). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 25 orang. Terdapat siswa laki-laki 14 orang dan 11 orang siswa perempuan kelas II A SDN 47 Korong Gadang Kota Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, aktivitas kemampuan membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I pada lembar aktivitas guru sebanyak 66% meningkat pada siklus II menjadi 88,75%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 63,75% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Hasil kemampuan membaca nyaring siswa pada siklus I memperoleh persentase sebanyak 29% dengan rata-rata 75, meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan rata-rata 80,37. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan media cerita bergambar pada kemampuan membaca nyaring siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas II A SDN 47 Korong Gadang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:34
Last Modified: 04 Sep 2024 08:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/21894

Actions (login required)

View Item View Item